Tuesday, May 27, 2014

IMPLEMENTASI APLIKASI WEB DI BIDANG PELESTARIAN LINGKUNGAN

A.      PENDAHULUAN
Aplikasi web, kita sering mendengar istilah tersebut, namun apa maksud dari aplikasi web itu sendiri sebenarnya. Aplikasi  Web adalah suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet.
Dalam perkembangannya, aplikasi web semakin berkembang dengan pesat sehubungan dengan munculnya aplikasi – aplikasi baru dan banyaknya masyarakat yang mulai suka untuk berpartisipasi dalam pembuatan beberapa aplikasi web tersebut.
Masyarakat dari berbagai jenis latar belakang mulai untuk memanfaatkan teknologi aplikasi web untuk mengembangkan apa yang ada dibidangnya masing – masing. Aplikasi web digunakan untuk mempermudah masyarakat untuk mempublikasikan apa yang ingin mereka tampilkan untuk mencapai tujuannya di berbagai bidang.
Tidak hanya untuk bidang teknologi saja, namun juga dimanfaatkan oleh banyak bidang, antara lain kesehatan, ekonomi dan perdagangan, pendidikan, budaya, bahkan pelestarian lingkungan.
Pada makalah ini akan dibahas mengenai pengimplementasian aplikasi web dalam bidang pelestarian lingkungan. Disini akan dibahas bagaimana cara orang – orang dibidang lingkungan hidup ini memanfaatkan aplikasi web untuk bidang mereka.

B.      PEMBAHASAN
Sebenarnya ada banyak kalangan dibidang lingkungan yang sengaja memanfaatkan aplikasi web untuk mempermudah mereka dalam mencapai tujuan mereka. Antara lain ialah melestarikan lingkungan. Aplikasi web memudahkan mereka untuk mengkampanyekan, menjelaskan, mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan.
Berikut ini adalah contoh aplikasi web yang telah digunakan dalam pelestarian lingkungan:

a.       World Wildlife Fund Indonesia
Web WWF Indonesia adalah sebuah web milik WWF yang bergerak dibidang pelestarian lingkungan. WWF Indonesia  memiliki tujuan untuk menghentikan dan memperbaiki kerusakan lingkungan yang terjadi serta membangun masa depan, dimana manusia hidup selaras dengan alam.
www.wwf.or.id berisi tentang berita, artikel galeri foto, bahkan laporan hasil kerja mereka dalam menjalankan misinya dalam melestarikan lingkungan. Mereka juga menampilkan fakta penting yang dapat dilakukan dalam usaha  Go Green. Usaha tersebut antara lain pemanfaatan ecosophy sebagai upaya penyelamatan bumi. Penyelamatan hewan langka seperti Orangutan. Dan sebagainya. Bahkan WWF Indonesia memberikan satu menu berisi bagaimana cara agar kita bisa membantu upaya penyelamatan lingkungan.
b.      National Geographic Environment
environment.nationalgeographic.com adalah sebuah subdomain milik National Georaphic yang berisi tentang lingkungan. Web ini berisi tentang semua yang berhubungan dengan Energi, Air Bersih, Pemanasan Global, Habitat – Habitat, Bencana Alam, Samudera, serta cara kita berpartisipasi dalam upaya penyelamatan bumi.
Web ini membahas dari mulai artikel, kejadian yang berhubungan dengan lingkungan didunia, membahas info baru mengenai lingkungan, dan saran untuk masyarakat agar tidak merusak alam.



c.       Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)
Walhi adalah sebuah organisasi pecinta lingkungan di Indonesia yang sudah terkenal di Indonesia. Walhi mengkampanyekan, mengadakan event, dan melakukan donasi untuk pelestarian lingkungan.
Website milik Walhi berisi mengenai seluruh aktivitas yang dilakukan oleh organisasi ini. Seperti event yang sudah dan akan dilakukan, artikel mengenai lingkungan, mengumpulkan berbagai berita mengenai lingkungan dari berbagai media, dll. Website ini dinilai lengkap karena cukup lengkap karena membahas hampir semua bagian lingkungan, dari mulai iklim, energi, air, gas, dan masih banyak lagi. Walhi memanfaatkan aplikasi web untuk mempermudah masyarakat dalam mencari info bagaimana cara berpartisipasi dalam lingkungan.
C.      KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi web untuk pelestarian lingkungan sudah cukup baik, karena untuk ketiga web tersebut berisi info – info lengkap mengenai lingkungan, seperti :
1.      apa yang telah terjadi,
2.      masalah lingkungan apa yang dihadapi dunia,
3.      bagaimana cara masyarakat berpartisipasi dalam upaya penyelamatan alam
4.      galeri foto mengenai indahnya berbagai pemandangan alam di berbagai belahan dunia,
5.      terobosan apa yang dilakukan pemerintah dunia dalam penyelamatan bumi




D.     DAFTAR PUSTAKA

No comments:

Post a Comment